HOTLINE : 021-224 226 88 / Whatsapp 0811.211.698 EMAIL : aspac.education@gmail.com :
Aspac Education Indonesia
SHARE :

8 Prospek Karir Jurusan Hubungan Internasional

28
11/2020
Kategori : Jurusan
Komentar : 0 komentar
Author : anggiev


Peluang Emas Berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional—Mengambil jurusan di perkuliahan, sama halnya dengan menentukan profesi apa yang nantinya ingin ditekuni (meski tidak selalu begitu). Pada umumnya, kompetensi yang ditekuni selama di bangku kuliah menggambarkan kelak akan berprofesi sebagai apa yang bersangkutan. Jurusan kedokteran terjun ke dunia  kesehatan, jurusan pendidikan menjadi guru dan dosen, dan mereka yang mengambil jurusan hubungan internasional pun bekerja pada lini yang sama dengan kompetensinya. By the way, apakah kamu memiliki gambaran real sebenarnya jurusan hubungan internasional itu yang dipelajari apa ya? Dan kalau sudah lulus kira-kira prospek kerjanya gimana? Kali ini, kita akan kupas habis mengenai jurusan yang satu ini dan prospek kerjanya. Simak yuk, siapa tau informasi berikut ternyata cocok dengan passion kamu yang sedang bingung menentukan jurusan di perkuliahan.

Belajar Apa Sih HI itu?

Jurusan Hubungan Internasional adalah cabang ilmu yang fokus mempelajari tentang interaksi yang terjadi antar negara baik itu dalam sistem internasional, dan atau aktivitas timbal balik yang berasal dari pelaku di sebuah negara yang berhubungan dengan negara maupun pelaku dari negara lain. Singkat kata, cakupan HI membahas interaksi yang terjadi antar negara, antar instansi yang ada di lembaga pemerintahan dan swasta dalam lingkup internasional. Lalu, untuk menunjang pemahaman tersebut, kira-kira apa ya materi yang dipelajari selama kuliah?

Para mahasiswa yang mengambil jurusan HI akan diperkenalkan dengan beberapa materi berikut:

  • Pengantar Ilmu Hubungan Internasional.
  • Masuk dalam bab yang kedua adalah bab diplomasi, kebijakan luar negeri, dimensi hukum, sampai dengan kerangka berfikir yang berjalan dalam institusi internasional.
  • Tidak hanya konsep teoritis yang aman dan tenang itu saja, ada pula pemahaman konsep yang sifatnya protektif dan antisipatif, seperti halnya mengenai perpolitikan dunia, studi keamanan seperti perang, konflik, terorisme, pertahanan, dan sebagainya. Tidak kalah penting adalah studi mengenai ekonomi dan politik yang mencakup produksi, pembangunan, global finance, dst.
  • Kajian seni dan budaya pun menjadi isu yang menarik untuk dibahas, yang meliputi isu gender, migrasi, HAM, sampai dengan lingkungan. Dan untuk materi terakhir yang didapat adalah mengenai perspektif politik yang dialami di masing-masing kawasan yang ada di benua tertentu.

Secara garis besar, kuliah di jurusan HI adalah kuliah teoritis. Praktiknya tidak banyak namun menuntut mahasiswa untuk memiliki kemampuan diplomasi yang baik serta negosiasi yang mengesankan. Karena cakupan jurusan ini adalah skop internasional, maka mahir berbahasa inggris baik itu dari segi speaking, listening, maupun writing adalah kompetensi penunjang yang akan sangat membantu kemudahan karir di masa mendatang. Namun, ini tidak berarti, kamu yang merasa belum punya kompetensi tersebut lantas minder ya. Kamu bisa asah kompetensi berbahasa asing itu selama berkuliah.

Prospek Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional

Yup, biaya kuliah yang mahal, akhirnya membuat publik bertanya-tanya, kira-kira nih ya, setelah berkuliah di jurusan HI, kalau lulus akan jadi apa sih? Ini 10 peluang karir sarjana Hubungan Internasional sekaligus kisaran gajinya yang bikin melongo.

  1. Siap menjadi politikus

Kamu yang suka dengan dunia politik, suka diskusi, percaya diri, dan memiliki keberanian untuk mengatakan yang benar, menjadi politikus tulen adalah pilihan yang pas. Ya, berkuliah di jurusan ini cocok bagi kamu yang menggandrungi dunia yang bisa dikata rawan gesekan ini. Untuk kisaran salary-nya bisa mulai belasan hingga puluhan juta, lho!

  1. Menjadi bagian dari international officer

Pekerjaan yang cukup bergengsi terbuka lebar untuk kamu yang berkuliah di jurusan ini. Kamu bisa menikmati pekerjaan yang bergengsi di kantor internasional, di beberapa instansi seperti kemenlu dan kedutaan besar. Adapun kisaran besaran gaji yang di dapat adalah antara 5 juta sampai dengan belasan juta rupiah.

  1. Jurnalis

kamu yang hobby menjadi bekerja di lapangan, seperti menjadi wartawan, boleh nih bekerja di jurusan Hubungan Internasional. Beberapa materi kuliah pada jurusan ini bisa kamu kembangkan dengan menjadi jurnalis handal baik di dalam maupun luar negeri. Wawasan mengenai tradisi, keadaan politik, ekonomi, suatu negara, yang didukung dengan kemampuan berbahasa asing yang mahir, menjadi alasan kenapa para alumnus jurusan HI layak untuk mendapatkan tempat pada profesi jurnalis. Adapun kisaran salary yang didapat adalah pada kisaran 3 juta rupiah untuk jurnalis  pemula yang tentunya seiring jam terbang, salary akan kian bertambah.

  1. Dosen

Wow, apa ya, sewaktu dengar profesi yang satu ini, rasanya pengen sekolah lagi dan lagi. Hehe, kamu juga begitu? yup,  menjadi dosen identik dengan title sekolahnya yang tinggi, telah lulus program magister, doctoral dan mungkin juga profesor. Dosen identik dengan kepandaian yang dimiliki.  Untuk mewujudkan mimpi ini, kamu bisa menyelesaikan study strata 1, dan lanjut ke strata berikutnya untuk menyelesaikan program pascasarjana, dan program doctoral. Keren ya berbagi ilmu dengan adik-adik di kampus yang kebetulan memiliki ketertarikan yang sama pada bidang yang sama pula, yakni hubungan internasional. Semakin kita mempelajari ilmu tersebut lebih dalam, dan berbagi dengan orang lain, semakin bertambah pula kecintaan kita pada bidang yang digeluti itu. Well, berapa nih kisaran salary yang didapat? Selain kepuasan selama proses mengajar, kamu akan mendapatkan salary yang tergolong besar yaitu mulai dari kisaran 5 juta rupiah.

  1. Pengusaha

Mengikuti passion adalah cara menjalani hidup yang paling nyaman, bukan begitu?. Apapun jurusannya, jika ternyata kamu memiliki bakat menjadi seorang pengusaha yang bisa jadi dekat dengan dunia hubungan internasional, apa salahnya. Keuntungan menjadi pengusaha yang tidak bekerja di bawah kendali orang lain, dan memiliki kebebasan adalah kenikmatan tersendiri apalagi untuk kisaran jumlah incomenya yang bisa sampai bernilai fantastis. Menjadi konglomerat adalah ending dari sebuah perjalanan menjadi seorang pengusaha.

  1. Peneliti

Tidak jauh-jauh dari pekerjaan dosen yaitu dengan menjadi peneliti. Belajar di jurusan HI, banyak lho isu yang siap menjadi bahan penelitian, mulai dari isu politik, seni, budaya, konflik dan sebagainya yang ada di masing-masing negara. Isu tersebut sifatnya dinamis dan selalu menarik untuk dibahas. Kisaran pendapatannya cukup besar, yaitu mulai dari 5 sampai dengan belasan juta rupiah setiap bulannya.

  1. Penulis

Jurusan Hubungan Internasional adalah hubungan yang kaya isu.  Mulai dari isu yang aman damai hingga konflik yang terjadi di negara-negara di dunia. Tulis dengan bekal pengetahuan kamu yang mumpuni di bidang ini. Kamu bisa mengirimkannya ke media massa, atau dengan  menjadi penulis buku referensi per-HI-an, dan menjadi freelancer untuk website seputar hubungan internasional.

  1. Diplomat

Sampailah kita pada profesi yang diimpikan oleh semua alumnus jurusan hubungan internasional. Menjadi diplomat ulung, bertemu dengan orang-orang penting dari seluruh dunia, dan travelling santai namun tetap berpenghasilan fantastis mencapai puluhan juta rupiah.

 

Berita Lainnya

29
11/2020
8
07/2020
5
07/2020
4
07/2020
3
07/2020


Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!