HOTLINE : 021-22055374 / Whatsapp 0811.211.698 EMAIL : aspac.education@gmail.com :
Aspac Education Indonesia | Konsultan Pendidikan Luar Negeri
SHARE :

AUSTRALIA



Yuk, Ketahui Keuntungan Kuliah Di Australia

Jika dilihat bahwa saat ini kuliah ke luar negeri telah menjadi alternatif yang banyak dipilih sebagai bagian dari gaya hidup. Salah satunya adalah melanjutkan studi ke Australia. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika kuliah di Australia. Berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah sebagai berikut.

Masyarakat Australia multibudaya

Jika dilihat bahwa sebagian penduduk Australia berasal dari Irlandia, Inggris, Jerman, Skotlandia, Yunani, hingga Tiongkok. Nah, tentunya hal ini yang membuat Australia menjadi salah satu negara dengan beraneka ragam budaya. Selain itu, penduduk Australia terkenal bersahabat, terbuka, ramah, dan pastinya mempunyai gaya hidup yang santai. Bahasa sehari-hari yang digunakan adalah bahasa Inggris, dengan begitu akan memudahkan anda untuk berkomunikasi dengan masyarakat sekitar.

Karena Australia dekat dengan Indonesia, jadi kalau mudik tidak terlalu jauh

Jika dibandingkan dengan English speaking country seperti di Inggris dan Amerika, maka Australia adalah negara berbahasa Inggris dan secara geografis lokasinya dekat dengan Indonesia. Tentunya hal ini juga membuat beberapa kawasan di bagian Australia beriklim tropis, walaupun ada juga yang mengalami empat musim. Saat ke Australia, maka anda hanya membutuhkan 3,5 hingga 4 jam perjalanan saja dari Jakarta atau Bali. Bahkan durasi yang sebentar ini membuat harga tiketnya pun tidak terlalu mahal lho!

Berikut beberapa Universitas atau campus yang bisa menjadi pilihan ketika ingin melanjutkan kuliah di Australia. Karena begitu banyak university yang ada di Australia, maka jika anda bingung mengenai campusyang tepat untuk jurusan yang anda pilih, silahkan hubguni kami untuk mendaptkan info yang lebih lengkap, berikut daftar Universitas di Australia:

  1. Kuliah di Curtin University Australia
  2. Kuliah di Deakin University Australia
  3. Kuliah di Edith Cowan University Australia
  4. Kuliah di Flinders University Australia
  5. Kuliah di Grifith University Australia
  6. Kuliah di James Cook University Australia
  7. Kuliah di La Trobe University Australia
  8. Kuliah di Le Cordon Bleu Australia
  9. Kuliah di Macquarie University Australia
  10. Kuliah di Monash University Australia
  11. Kuliah di RMIT University Australia
  12. Kuliah di SAE Institute Australia
  13. Kuliah di Swinburne University Australia
  14. Kuliah di Taylors College Australia
  15. Kuliah di Trinity College Australia
  16. Kuliah di Wollongong University Australia
  17. Kuliah di UNSW Australia
  18. Kuliah di William Anglish Australia
  19. Kuliah di Universityof Western Australia
  20. Kuliah di University of South Australia
  21. Kuliah di Billy Blue College
  22. Kuliah di Blue Mountain Hotel Management Australia

Dapat mengenal dunia lebih luas

Saat memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke Australia, maka hal ini adalah sebuah keputusan untuk merubah gaya hidup dan pola pikir. Sudah pasti, culture dan future yang dimiliki oleh Australia sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia, dengan begitu hal ini akan memaksakan anda untuk beradaptasi dan lebih terbuka, sehingga akan memberikan dampak yang positif agar selalu berfikir serta berinovasi lebih maju.

Suasana belajar berkelas internasional

Tahukah anda bahwa pendidikan di Australia sangat mengutamakan kemampuan pelajar, dengan begitu hasil studi yang didapat murni menunjukkan kemampuan dari pelajar tersebut. bahkan beberapa kampus di Australia termasuk sebagai 150 universitas terbaik yang ada di dunia. Selain itu, universitas yang ada di Australia juga mempunyai standar CRICOS atau disebut juga kualifikasi internasional, yang tentunya akan memberikan kesempatan untuk lulusan universitas tersebut agar diakui oleh banyak negara.

Fasilitas riset yang memadai

Untuk sebagian pelajar yang membidangi science, maka fasilitas riset adalah hal yang begitu penting saat akan menempuh pendidikan yang tinggi. Ketika adanya fasilitas riset yang memadai, tentunya akan menghasilkan inovasi yang lebih baik juga dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Nah, tentunya anda bisa mendapatkannya saat melanjutkan studi ke Australia.

Akan mendapatkan pengalaman bekerja dan kesempatan bekerja di Australia

Saat anda sedang menempuh pendidikan di Australia, maka anda sebagai pelajar akan diberikan kesempatan agar bisa merasakan seperti apa pengalaman bekerja part-time. Anda bisa merasakan bekerja part-time per 2 minggu selama 40 jam dan tidak terbatas ketika masa liburan tiba. Selain itu, lulusan universitas yang ada di Australia baik S1, S2, hingga S3 bisa tinggal di Australia selama beberapa tahun, tergantung tingkat pendidikan yang ditempuh. Bahkan lulusan diploma untuk beberapa jurusan juga bisa tinggal di Australia beberapa tahun. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk pelajar yang sudah lulus agar bisa mencari pengalaman kerja maupun memulai bisnis di Australia.

Kondisi sosial serta ekonomi yang stabil

Masyarakat yang multikultur dan wilayahnya yang luas tidak membuat penduduk Australia sering terlibat dengan konflik. Adanya toleransi yang tinggi sesama penduduk telah membuat kondisi sosial serta ekonomi di Australia stabil. Tentunya kondisi seperti ini akan membuat anda bisa betah dan nyaman saat kuliah di Australia walaupun berada jauh dari kampung halaman.

Terdapat beberapa universitas top dunia

Jika ingin menempuh pendidikan ke Australia, maka anda memiliki beberapa pilihan universitas yang memang telah diakui secara internasional. Apa-apa saja universitas tersebut? beberapa universitas terbaik yang ada di Australia seperti University of Sydney Australia National University, University of South Wales, University of Melbourne, dan masih banyak lainnya. Dengan anda memilih salah satu universitas tersebut, maka anda bisa memperoleh gelar lulusan yang bergengsi, bukan?

Transportasi publik yang menawarkan banyak kemudahan

Mengenai transportasinya, ternyata Australia adalah salah satu negara yang memiliki sistem transportasi paling modern di dunia lho! Transportasi ini mencakup kereta, kereta listrik, bis, kapal feri, hingga trem (untuk Melbourne Adelaide serta pusat kota Sydney). Dengan menggunakan tiket multi-rider, maka anda dapat menghemat uang untuk biaya transportasinya. Untuk anda yang memegang visa pelajar dan masa berlakunya adalah kurang dari 12 bulan, maka anda juga boleh mengendarai kendaraan menggunakan SIM internasional tanpa perlu menggunakan SIM Australia.

Memiliki lingkungan belajar yang nyaman dan aman

Karena kehidupan multikultural yang dijalani oleh penduduk Australia, maka hal ini akan membuat anda dapat beradaptasi dengan cepat dan mudah di lingkungan kampus. Lingkungan belajar yang nyaman dengan fasilitas pendidikan berkelas internasional, pastinya akan membuat anda betah sampai menyelesaikan pendidikan yang anda tempuh di Australia.

Adanya perlindungan khusus bagi pelajar internasional

Perlindungan yang diberikan kepada pelajar internasional berasal dari ESOS act, yang tentunya akan memberikan tingkat garansi tinggi kepada kapasitas kualitas, hingga reputasi dari berbagai lembaga pendidikan yang ada. Selain itu, perlindungan juga diberikan kepada biaya pendidikan yang sudah dibayar. Perlindungan ini berlaku pada semua sektor pendidikan maupun pelatihan di Australia.

Anda memiliki kesempatan untuk menjadi Permanent Resident (PR) Australia

Agar dapat menjadi Permanent Resident (PR), maka Australia memakai sistem imigrasi sesuai poin (Point Based Immigration System). Nah, salah satu cara agar bisa mendapatkan poin yaitu menyelesaikan studi Bachelor serta skor IELTS minimal 6.0. Ketika anda menjadi Permanent Resident (PR) Australia, maka anda akan memperoleh beberapa keuntungan seperti kesempatan untuk tinggal di Australia dalam waktu yang lama, akan memperoleh bantuan kesehatan dari pemerintah Australia, mendapatkan hak untuk bekerja full-time, dan sebagainya.

Masa studi yang lebih singkat jika dibandingkan dengan Indonesia

Jika di Indonesia anda bisa lulus S1 3,5 hingga 4 tahun, maka di Australia anda hanya memerlukan durasi selama 3 tahun saja. Bahkan, terdapat juga jalur khusus yang akan membuat anda dapat menempuh pendidikan S1 hanya dalam 2,5 tahun saja. Tentunya dengan durasi kuliah yang singkat ini, anda dapat memanfaatkan waktu agar bisa melanjutkan pendidikan S2 ataupun bekerja.

Setelah mengetahui berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas, apakah anda tertarik untuk melanjutkan kuliah di Australia? Memang untuk sebagian pelajar yang sudah terbiasa hidup bersama keluarga, maka pilihan untuk kuliah ke luar negeri akan sangat berat dilakukan. Namun percayalah bahwa pengalaman merantau ini akan membuat anda bisa menjadi semakin dewasa.

 

error: Content is protected !!