HOTLINE : 021-22055374 / Whatsapp 0811.211.698 EMAIL : aspac.education@gmail.com :
Aspac Education Indonesia | Konsultan Pendidikan Luar Negeri
SHARE :

USA



Informasi Seputar Kuliah Di Amerika Serikat

Negara yang dikenal dengan pemimpin akan teknologi juga penelitiannya memberikan anda banyak keuntungan jika memilih untuk studi disana. Manfaat yang didapat diantaranya anda akan diperkenalkan akan kemajuan teknologi dan penelitian sambil anda menimba ilmu di negara Amerika.

Bisa jadi anda akan bertemu bahkan belajar bersama sarjana terkemuka pada jurusan yang dipilih. Dengan belajar di Amerika maka hal ini akan mengubah pola pandang anda secara keseluruhan terhadap banyak hal. Terlebih pola pandang akan kehidupan anda. Hal ini membuat anda akan lebih percaya diri, lebih berpengetahuan dan lebih terbuka saat anda sudah kembali ke negara asal anda.

Berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan dengan kuliah di Amerika Serikat :

 

Sistem akademik yang terfokus

Pertama yang dirasakan saat kuliah di Amerika Serikat adalah perbedaan sistem akademik yang digunakan, sangat berbeda dengan di negara asal mahasiswa tersebut. Mahasiswa dapat fokus di jurusan yang sudah mereka pilih tanpa wajib mengambil mata kuliah lain yang tak dibutuhkan pada jurusan tersebut. Mahasiswa juga dapat memilih kelas mata kuliah kapan saja dalam tahun tersebut. Serta ada beberapa kelas yang ditawarkan sebanyak beberapa kali dalam waktu selama satu tahun masa pembelajaran.

  1. Fasilitas pendukung bagi mahasiswa negara lain

Banyak universitas di Amerika yang membuka peluang bagi mahasiswa asing guna melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di Amerika. Biasanya universitas seperti itu memiliki suatu sistem pendukung sehingga memungkinkan untuk membantu mahasiswa guna menyesuaikan diri terhadap pola hidup di Amerika. Fasilitas Pelayanan pada kantor pelayanan mahasiswa asing sering membantu perpindahan mahasiswa asing ke tempat yang baru. Dukungan ditawarkan selama sepanjang tahun yang mencakup akan program penyelenggaraan orientasi guna membantu dalam hal penulisan akademik juga membangun dalam hal melakukan resume mahasiswa yang sudah siap lulus.

  1. Ritme kehidupan kampus

Banyak universitas di Amerika yang menawarkan berbagai pilihan akademik, seni budaya serta aktivitas atletik yang dirasa tak hanya mampu memperkaya sisi pengalaman pendidikan seorang mahasiswa namun juga dapat membantu seorang mahasiswa dalam mendapatkan teman baru guna menjadi masyarakat wawasan global. Di Universitas yang anda pilih mungkin memiliki sebuah kelompok kriket dan ini merupakan sebuah kelompok lain guna menjalin persaudaraan dan suku serta daerah tertentu.

  1. Peluang kerja yang besar

Selama masa studi dan menyelesaikan gelar sarjana maka mahasiswa diizinkan untuk dapat bekerja dengan resmi di Amerika pada jurusan yang telah dipilih selama 1 tahun. Sebagian besar mahasiswa asing dapat diterima pada perusahaan dengan memperkerjakan nya dalam masa OPT mereka. Mahasiswa yang bekerja tersebut akan disponsori visa pekerja atau yang disebut H1-B. Visa pekerja H1-B ini biasanya didapat dari perusahaan jika perusahaan tersebut memperkerjakan para mahasiswa asing dengan spesialisasi pada area seperti teknik, akuntansi, software, pemasaran ataupun mengajar. Disaat perusahaan tersebut memberikan H1-B kepada mahasiswa yang bekerja maka ia akan diizinkan bekerja di Amerika tanpa wajib kembali ke negara tempat asal nya.

Kuliah di Amerika Serikat adalah hal yang diimpikan bagi banyak orang. Menuntut ilmu di negara asing tentunya bukanlah suatu hal yang gampang. Anda harus membuat persiapan matang supaya segala nya yang akan direncanakan dapat berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa tips akan persiapan bagi mereka yang berencana kuliah ke negara asing berikut ini :

  1. Belajar dan hidup mandiri

Banyak hal yang akan membuat anda merasa shock saat sudah berada di negara asing. Terlebih negara dengan perbedaan budaya nya yang sangat jauh dengan negara asal. Disarankan anda agar terlebih dahulu mempelajari akan budaya setempat. Apa-apa yang dilarang ataupun tak boleh dilakukan. Termasuk perbedaan menu makanan terlebih bagi anda yang beragama muslim maka persiapan akan itu sangat penting. Perlu untuk hidup mandiri dan mengatasi segala permasalahan sendiri. Anda pun mungkin untuk diawal tak memiliki teman dalam belajar, karena mungkin akan butuh waktu dalam mendapatkan teman yang sesuai.

  1. Informasi tentang program kuliah yang akan diambil

Karena anda ingin kuliah di Amerika Serikat tentunya anda harus mendapatkan informasi akan program kuliah dari beberapa kampus di setiap negara bagian di Amerika. Informasi tersebut tentunya disampaikan dalam bentuk bahasa Inggris. Maka penting sekali agar memahami bahasa Inggris dengan taraf yang mahir. Pada setiap kampus dengan program kuliah yang tersedia biasanya memiliki masa pendidikan yang bervariasi dan tentunya dengan kondisi biaya yang bervariasi.

  1. Persiapan akan biaya studi

Karena anda ingin kuliah di negara yang berbeda mata uangnya dan lebih tinggi maka menjadi hal yang penting guna mempersiapkan anggaran yang dibutuhkan. meski tidak semua kampus di Amerika menawarkan program studi dengan biaya yang mahal. Anda dapat mencari list tempat kuliah yang terjangkau dengan program studi yang sesuai. Bahkan jika anda beruntung maka anda akan mendapatkan kampus dengan bidang studi yang diinginkan namun dengan biaya yang lebih murah dari kampus elit yang ada di Indonesia. Guna menekan atau membantu biaya hidup anda selama studi di Amerika maka anda dapat bekerja secara part time. Disarankan agar mencari tau akan kisaran biaya hidup disana.

  1. Asuransikan kesehatan

Pada beberapa kampus di Amerika mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki asuransi kesehatan. Namun ada juga beberapa universitas yang merekomendasikan asuransi. Manfaatkan fasilitas yang disediakan kampus yang mungkin anda dapat berhemat anggaran disitu.

  1. Alat komunikasi yang memadai

Selama anda berada jauh dari keluarga, maka alat komunikasi yang memadai sangatlah diperlukan. Tentunya anda akan selalu berkomunikasi dengan orang tua dan keluarga anda. Mereka pasti selalu ingin mendapat kabar dari anda. Aplikasi seperti Skype memungkinkan anda dan orang tua serta keluarga untuk dapat berkomunikasi dengan cara bertatap muka. Tentunya hal ini dapat mengobati rindu selama masa studi yang panjang. Keluarga anda pun akan merasa tenang dengan mengetahui keadaan anda.

  1. Pinjaman bagi pelajar

Program student loan adalah program pinjaman bagi mahasiswa yang diberikan oleh kampus atau instansi tertentu termasuk negara Amerika. Namun program ini hanya dapat diberikan bagi mereka yang memiliki co-signer atau orang Amerika yang dapat memberikan jaminan. Hal ini perlu agar pinjaman tersebut ada yang menjamin untuk dibayarkan. Setiba disana ada baiknya kamu mengisi aplikasi ini dan mulai mencari teman yang dapat menjadi co-signer kamu. Mungkin saja kamu akan menemui kendala dalam hal biaya hidup selama studi di Amerika.

  1. Mencari peluang beasiswa

Banyak  sekali beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah, kampus bahkan beberapa instansi. Anda dapat mencari informasi mengenai hal ini. Program ini ditujukan bagi mereka yang mengalami kesulitan kana biaya kuliah. Jika memang nilai anda memungkinkan untuk syarat beasiswa maka ada baiknya mencoba peluang ini.

Semoga studi anda ke Amerika mendapatkan hasil yang sesuai dengan gelar sarjana yang anda idamkan.

 

error: Content is protected !!