HOTLINE : 021-224 226 88 / Whatsapp 0811.211.698 EMAIL : aspac.education@gmail.com :
Aspac Education Indonesia
SHARE :

SINGAPURA



Konsultan Pendidikan: Konsultan Kuliah di Singapura

Konsultan kuliah di Singapura menjadi hal utama ketika Ingin melanjutkan kuliah di Singapura, karena banyak mempunyai rencana untuk melanjutkan kuliah di singapore, tetapi bingung karena minimnya informasi. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menentukan masa depan pendidikan di luar negeri. Simak penjelasan di bawah ini.

Informasi Tentang Singapura

Singapura merupakan salah satu negara yang mempunyai kualitas bagus di bidang pendidikan di Asia. Banyak orang Indonesia khususnya yang tertarik untuk hidup sambil mengenyam pendidikan di sana. Singapura mendapat julukan Four Tiger of Asia karena termasuk salah satu dari empat negara termaju di Asia. Dapat dikatakan, pertumbuhan di bidang ekonomi, perdagangan, dan industrinya sangat cepat. Sehingga membuat negara ini menjadi salah satu negara penting di Asia, seperti sebagai pusat keuangan.

Perlu diketahui, negara maju ini melarang produksi dan konsumsi permen karet. Ini menjadi salah satu informasi penting terkait gaya hidup di sana. Selain itu, Singapura juga sebagai pemasok utama barang elektronik, serta pemimpin pembuatan dan reparasi kapal. Fakta hebat lain yang perlu diketahui ialah terdapat lebih dari 130 bank di seluruh wilayah Singapura.

Mengapa Singapura?

Jika ada pertanyaan mengapa harus melanjutkan studi ke Singapura? Maka konsultan kuliah di Singapura akan menjawab dengan beberapa alasan yang masuk akal. Berikut beberapa alasannya.

  1. Jika dilihat dari sudut pandang Indonesia, Singapura merupakan negara yang paling dekat dengan Indonesia.
  2. Kondisi ekonomi dan politik Singapura termasuk stabil. Keamanannya juga terhitung baik.
  3. Penerapan hukumnya konsisten dan transparan disertai dengan peraturan yang ketat.
  4. Singapura merupakan lokasi pusat perdagangan Asia. Jadi, masyarakatnya multi budaya. Untuk dijadikan sebagai tempat hidup dengan masyarakat dari berbagai suku dan budaya dapat dipastikan sangat aman dan nyaman.
  5. Pendidikannya berkualitas tinggi dan bertaraf internasional.
  6. Dari segi keindahan dan kebersihan, Singapura adalah negara dengan tata letak kota yang tertata rapi, bersih, dan indah. Bebas polusi udara, sehingga nyaman ditinggali.
  7. Tersedia fasilitas dan teknologi kelas dunia.

Persyaratan

Setidaknya ada beberapa persyaratan untuk memastikan apakah kalian layak kuliah di Singapura. konsultan kuliah di Singapura telah memerinci kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan.

  1. Untuk kuliah S-1, minimal kalian sudah harus melalui masa pendidikan 12 tahun atau lulus SMA atau mendapat sertifikat kelulusan GCE “O”.
  2. Bagi yang ingin mengambil kuliah S-2 atau mencapai gelar master, maka sebelumnya sudah harus menyelesaikan program sarjana atau S1 selama 3 hingga 4 tahun.
  3. Begitu pula yang ingin mengambil program S3 atau doctoral, sebelumnya harus memiliki pengalaman bekerja minimal 2 sampai 3 tahun. Selain itu juga melampirkan dokumen berisi surat rekomendasi dari perusahaan tempat ia bekerja dan dari dosen tempat universitas yang dituju.
  4. Bagi yang ingin mengikuti program MBA di salah satu universitas di Singapura, kalian harus memiliki kualifikasi seperti sudah memperoleh gelar sarjana atau setara sarjana dan mempunyai pengalaman kerja selama 2 sampai 3 tahun.
  5. Fasih berbahasa Inggris, baik itu lisan / conversation, mendengarkan (listening) maupun tulisan (English grammar) karena proses belajar mengajar disediakan dalam bahasa Inggris.
  6. Hasil IELTS / TOEFL dan GMAT juga sangat penting untuk menunjukkan layak atau tidaknya seorang mahasiswa diterima di universitas. Masing-masing memiliki standar nilai yang berbeda-beda. Secara umum, minimal nilai IELTS (International English Language Testing System) untuk S1 adalah 6,0 – 6,5 sedangkan S2 minimal 7,0. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) program S1 harus mencapai nilai minimal 213 -232 untuk computer based, 550 – 575 untuk paper based, dan 80 untuk internet based test. Nilai minimal TOEFL program S2 untuk computer based, paper based, dan internet-based test masing-masing 260, 620, dan 100.

Letter of Acceptance

Setelah mengirimkan formulir pendaftaran dan diterima oleh pihak kampus terkait, maka pihak kampus atau universitas akan mereview secara langsung. Mereka akan menentukan mana calon mahasiswa baru yang pantas untuk diterima atau tidak. Jika aplikasi pendaftaran dianggap memuaskan, calon mahasiswa baru akan dihubungi untuk melakukan sesi selanjutnya, yaitu wawancara. Wawancara bisa dilakukan lewat telepon, video maupun langsung datang ke universitas terkait.

Calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima akan menerima letter of acceptance dari pihak kampus. Dokumen ini perlu ditandatangani oleh pihak calon mahasiswa dan selanjutnya dikirim kembali ke universitas dengan menyertakan bukti pembayaran.

Biaya Hidup dan Biaya Kuliah

Berdasarkan data dari UNESCO, ada kurang lebih 50 ribu pelajar asing datang ke Singapura untuk belajar tiap tahunnya. Untuk Indonesia sendiri ada sekitar 24 ribu pelajar ingin menempuh pendidikan di Singapura. Di antara negara lain di Asia seperti Jepang, China, dan Korea Selatan, Singapura termasuk negara yang unggul di bidang pendidikan dan bisa menarik warga negara lain untuk kuliah di sana.

Negara yang dijuluki Lion City ini memiliki fasilitas dan gaya hidup yang tinggi karena negaranya termasuk negara maju dan pendapatan penduduknya tergolong baik. Dalam satu bulan, biaya hidup di sana sekitar 9,3 juta rupiah hingga 22 juta rupiah atau 850 sampai 2000 Dollar Singapura. Jika diperinci pengeluarannya dari makan, transportasi, telekomunikasi, alat tulis, akomodasi, listrik, hingga hiburan, maka akan menjadi seperti ini:

– makan sehari 3x = 3,3 -7 juta rupiah (SGD 400 – 650)

– transportasi = 1 – 1,2 juta rupiah (SGD 100 – 120)

– telekomunikasi = 330 – 550 ribu (SGD 30 -50)

– alat tulis = 330 – 770 ribu rupiah (SGD 30 – 70)

– akomodasi = 2,2 – 7,7 juta rupiah (SGD 200 – 700)

– hiburan = 500 ribu – 2,2 juta rupiah (SGD 50 – 200)

– listrik, air, wifi = 440 ribu – 1 juta rupiah (SGD 40 – 100)

Biaya kuliah per tahunnya diperkirakan mencapai 20 ribu sampai 60 ribu SGD atau sekitar 220 juta hingga 660 juta rupiah untuk S1. Sedangkan biaya kuliah S2 lebih mahal lagi yaitu mulai dari 30 ribu hingga 90 ribu SGD atau 330 juta sampai 990 juta rupiah. Untuk biaya kuliah S3 kurang lebih sama dengan jenjang S2. Biaya ini bisa berubah sesuai dengan konversi kurs.

Daftar Universitas dan Perguruan Tinggi di Singapura

Ada dua universitas negeri di Singapura yang menduduki 100 besar universitas terbaik di dunia oleh “Times Higher Education World University Rankings 2018”, yaitu National University of Singapore dan Nanyang Technological University (NTU). National University of Singapore menduduki peringkat ke 22 dan Nanyang Technological University menduduki posisi ke 52 dunia. Berdasarkan QS World University Rankings NTU berada di posisi 11 sedangkan NUS berada di peringkat 15. Itu adalah dua universitas rekomendasi dari konsultan kuliah di Singapura karena keduanya memiliki kualitas bergengsi di tingkat dunia.

Informasi pendaftaran kuliah di singapura silahkan hubngi kami di nomor 021-224226 88 atau no Whatsapp di nomor 0811-211-698.

error: Content is protected !!