HOTLINE : 021-22055374 / Whatsapp 0811.211.698 EMAIL : aspac.education@gmail.com :
Aspac Education Indonesia | Konsultan Pendidikan Luar Negeri
SHARE :

7 Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

19
07/2019
Kategori : Jurusan
Komentar : 0 komentar
Author : anggiev


Tips 7 Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

Bisa belajar dan melanjutkan pendidikan di luar negeri tentu merupakan impian banyak orang. Banyak juga orang yang berpikir bahwa kuliah di luat negeri itu sulit dan bahkan ada yang mengatakan mustahil, terlebih jika melihat dari segi biaya kuliah dan biaya hidup yang harus dikeluarkan selama melanjutkan studi di sana. Akan tetapi sebenarnya untuk bisa kuliah di luar negeri bukanlah sesulit yang anda bayangkan, ada banyak tips ataucara kuliah di luar negeri yang bisa anda coba ikuti.

Hal utama dan terpenting yang harus anda ingat jika ingin belajar di luar negeri ialah  niat. Bulatkan tekad dan niat kemudian berusaha semaksimal mungkin serta jangan lupa berdoa juga. Anda pasti bisa mencapai impian untuk belajar di luar negeri. Nah, langsung saja kita akan bahas bagaimana cara agar bisa kuliah di luar negeri. Yuk simak informasi selengkapnya.

Dapatkan Beasiswa Pemerintah

Salah satu cara umum bagi pelajar yang ingin kuliah ke luar negeri ialah dengan mengikuti atau mencari beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, baik itu dari pemerintah Indonesia sendiri atau beasiswa dari negara asing. Salah satu program beasiswa pemerintah Indonesia ialah beasiswa DIKTI yang cakupan biayanya lumayan luas seperti biaya tiket pulang pergi, biaya kuliah, dan juga biaya hidup selama belajar di luar negeri. Menarik sekali bukan? Nah, bagi anda yang sedang mengincar beasiswa dari pemerintah asing maka sebaiknya sering-sering cek website resmi kedutaan negara tersebut. Nanti anda akan melihat beberapa informasi seputar beasiswa dan persyaratan apa saja yang mereka butuhkan untuk beasiswa tersebut. Hal penting yang perlu anda ingat dan perhatikan bahwa hampir keseluruhan beasiswa pemerintah memberikan persyaratan berupa sertifikat dan tes TOEFL atau IELTS bagi pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut.

Dapatkan Beasiswa Sponsor  / Swasta

Selain pemerintah anda juga bisa mendapatkan beasiswa dari pihak swasta yang memang biasanya membantu para pelajar yang kuliah di luar negeri. Salah satu perusahaan besar di negara kita Indonesia yakni Djarum memang rutin memberikan kesempatan bagi para pelajar yang membutuhkan beasiswa. Baik itu untuk melanjutkan studi dalam negeri ataupun luar negeri. Tidak hanya itu ada banyak perusahaan-perusahaan swasta lain yang memberikan bantuan beasiswa, anda bisa melihat di website-website resmi perusahaan tersebut untuk memperoleh informasi beasiswa yang mereka sediakan.

Cara selanjutnya juga bisa dengan mengajukan proposal beasiswa kepada pihak swasta tersebut, contohnya mengajukan proposal beasiswa di tempat perusahaan anda bekerja saat ini. Atau ke perusahaan tempat anda pernah melakukan program magang. Meskipun kemungkinannya kecil diterima, namun ada beberapa perusahaan swasta tersebut yang memang menyediakan dana khusus pendidikan.

Dapatkan Beasiswa Universitas

Cara kuliah di luar negeri yang selanjutnya ialah dengan cara mendapatkan beasiswa dari pihak universitas luar negeri yang anda tuju. Nah, umumnya untuk mendapatkan beasiswa jenis ini anda harus memastikan sudah diterima terlebih dahulu di universitas tersebut. Setelah anda terdaftar di kampus tersebut maka anda bisa mengajukan lamaran untuk mendapatkan bantuan berupa beasiswa.

Berbeda dengan beasiswa jenis lainnya, untuk beasiswa ini anda setidaknya memang harus memiliki modal untuk tiket pesawat dan biaya hidup selama satu semester. Kenapa? Karena umumnya beasiswa tersebut baru akan diberikan oleh pihak universitas setelah anda menunjukkan kemampuan akademis yang baik tentunya. Atau melihat dari prestasi yang telah anda peroleh selama belajar di kampus tersebut.

Dapatkan Beasiswa Olahraga / Kebudayaan

Jika dilihat dari sisi akademis nilai anda tidak terlalu istimewa, akan tetapi anda mempunyai bakat khusus dalam bidang olahraga atau kesenian maka jangan ragu-ragu untuk mendapatkan peluang beasiswa kuliah di luar negeri. Negara di Amerika dan Eropa memberikan apresiasi yang lebih terhadap pelajar dengan bakat seni dan olahraga. Bahkan mereka tidak ragu untuk membiaya keberangkatan kandidat yang memiliki potensi.

Salah satu bentuk beasiswa kebudayaan yang diberikan yaitu Residency. Kegiatan ini dimana pelajar yang menerima beasiswa bisa tinggal dan belajar selama beberapa bulan di sebuah universitas atau galeri-galeri seni. Yang mana hasil akhirnya anda akan membuat sebuah karya seni dan kemudian memamerkan karya tersebut.

Dapatkan Program Pertukaran Pelajar

Jalan yang sangat mudah untuk bisa merasakan kuliah atau belajar di luar negeri yaitu dengan cara mengikuti  program pertukaran pelajar. Bagi anda yang ingin mendapatkan beasiswa ini tentu saja memang harus memiliki prestasi atau kemampuan akademis yang baik di kampus asal anda. Aktif berorganisasi, kepribadian yang baik, dan mempunyai keahlian khusus juga merupakan beberapa bahan pertimbangan untuk bisa mendapatkan satu bangku pertukaran pelajar.

Tidak hanya itu menurut pendapat beberapa pelajar yang susah pernah mengikuti program pertukaran pelajar bahwa anda juga dituntut untuk memiliki rata-rata IP 3.0. Menariknya dari jenis beasiswa yang satu ini anda tidak hanya bisa belajar di kampus luar negeri akan tetapi juga bisa tinggal dengan keluarga lokal yang ada di negara tersebut.

Ikuti Student Loan

Student loan ialah seperti peminjaman uang kuliah. Perlu anda ketahui banyak pelajar Indonesia yang kuliah di universitas Singapura dan mereka mengambil program student loan. Program ini sangat menarik karena para pelajar diberikan kesempatan untuk bisa kuliah di universitas tertentu dengan cara memberikan pinjaman dengan jumlah yang besar. Uang tersebut nanti akan dibayarkan setelah pelajar tersebut lulus dan mendapatkan pekerjaan.

Memang sangat menarik dan membantu para pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, akan tetapi bagi anda yang tertarik mengikuti program ini tetap harus berhati-hati saat akan menandatangani kontrak. Anda juga sebaiknya harus memastikan berapa persen bunga yang harus dibayarkan dan bagaimana sistem pembayarannya. Apabila semua ketentuan dalam kontrak sudah sesuai dengan harapan anda, maka baru tanda tangani kontrak tersebut.

Ikuti Program Summer Course

Cara kuliah di luar negeri selanjutnya yang bisa jadi pilihan anda ialah dengan mengikuti program summer course. Program ini diselenggarakan oleh pihak swasta untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar dari berbagai negara untuk bisa merasakan belajar dan tinggal dinegara tersebut. Namun dalam program summer course ini anda tidak akan belajar satupun mata kuliah akademis. Lalu belajar apa di luar negeri? Nah, anda akan lebih banyak belajar tentang hal-hal khas atau khusus dari negara yang anda kunjungi tersebut. Seperti mempelajari budaya dan bahasa dari negara yang anda kunjungi.

Program ini cukup unik dan menarik sekali untuk anda coba. Umumnya program summer course hanya berlangsung selama 1 sampai dengan 6 bulan. Memang anda tidak akan memperoleh gelar apapun saat ikut program ini akan tetapi anda nanti akan diberikan sertifikat yang akan berguna nantinya bagi dalam mendapatkan beasiswa belajar ke luar negeri. Wah, menarik sekali bukan.

 

Berita Lainnya

21
02/2020
20
02/2020
20
02/2020
30
12/2019
Kuliah di APU Malaysia
Author : anggiev
19
07/2019


Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!